Administrasi Jaringan - EIGRP IPV4


EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol) merupakan hasil pengembangan dari routing ptotokol pendahulunya yaitu IGRP yang keduanya adalah routing pengembangan dari CISCO. Pengembangan itu dihasilkan oleh perubahan dan bermacam-macam tuntutan dalam jaringan Skala jaringan yang besar. EIGRP menggabungkan kemampuan dari Link-State Protokol dan Distance Vector Protokol, terlebih lagi EIGRP memuat beberapa protocol penting yang secara baik meningkatkan efisiensi penggunaannya ke routing protocol lain.

EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol) adalah routing protocol yang hanya di adopsi oleh router cisco atau sering disebut sebagai proprietary protocol pada CISCO. Dimana EIGRP ini hanya bisa digunakan sesama router CISCO saja dan routing ini tidak didukung dalam jenis router yang lain.

Cara Kerja :

EIGRP sering disebut juga Hybrid-Distance-Vector Routing Protocol, karena cara kerjanya menggunkan dua tipe routing protocol,yaitu Distance vector protocol dan Link-State protocol, Dalam pengertian bahwa routing EIGRP sebenarnya merupakan distance vector protocol tetapi prinsip kerjanya menggunakan links-states protocol.sehingga EIGRP disebuat sebagai hybrid-distance-vector,mengapa dikatakan demikian karena prinsip kerjanya sama dengan links-states protocol yaitu mengirimkan semacam hello packet.


1. Buatlas skemanya terlebih dahulu.



2.Lakukan konfigurasi pada R1, R2 dan R3 dengan IP berbeda- beda yang sudah di tentukan.
Contoh : 
- Int se0/0/0 ip address 172.16.3.1
- Int se0/0/1 ip address 192.168.10.5
- Int g0/0 ip address 172.16.1.1


3. Konfigurasi Router EIGRP 1 
- Konfigurasi Network
- Konfigurasi : passive-interface
- Konfigurasi : no auto-summary

4. Simpan konfigurasi, lalu show ip eigrp neighbors.


5. Setting IP Address pada PC1, PC2 dan PC3.




6.Uji konektifitas antara PC1,PC2 dan PC3 menggunakan command prompt (CMD).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi-Fungsi ICMP

Evolusi Komputer - LTM 1